RAMADHAN

Ramadhan merupakan sebuah kata mabni pada fathah, yang harus dibaca ramadhana, bukan ramadhanu atau ramadhani. Kata ramadhan berasal dari kata al-ramdhu yang artinya saat matahari terik sekali. Ramadhan artinya membakar sesuatu.

Pada waktu pengalihan nama-nama bulan, ramadhan jatuh pada musim panas maka disebutlah ramadhan, musim yang sangat panas. Walaupun ramadhan jatuh pada musim dingin, tetap saja disebut Ramadhan.Dalam sebuah hadis ada riwayat yang menyebutkan bahwa ia disebut ramadhan kerena bulan ini membakar dosa-dosa kita.

Dipilihnya bulan Ramadhan ini adalah karena bulan ramadhan adalah bulan yang paling mulia. Pada bulan inilah Al-Qur'an di turunkan. Hal ini mempunyai implikasi hukum, yaitu bahwa kita bisa memperingati peristiwa - peristiwa besar dalam sejarah dengan berpuasa. Karena itu kita dianjurkan berpuasa pada hari lahir Rasulullah SAW.

Hari-hari penting boleh kita peringati dengan berpuasa. Kalau hari-hari kita mempunyai hari-hari yang kita anggap sebagai hari yang penting, maka kita boleh berpuasa pada hari itu sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT. Itu boleh dilakukan, sebagaimana bulan ramadhan di pilih karena di bulan itu diturunkan Al-qur'an.

Puasa merupakan madrasah ruhaniah. Kalau ada madrasah untuk mendidik intelek kita, maka ada pula puasa yang mendidik ruhani dan ketakwaan kita. Mengapa puasa disebut madrasah untuk melatih ketakwaan ?? Karena tanda-tanda orang yang bertakwa dilatih pada bulan puasa ini.

kepada seluruh sahabat-sabahatku saya mohon maaf lahir dan batin atas segala kekhilafan yang telah terjadi. mari kita sambut Ramdahan dengan penuh rasa keihlasan dan syukur pada Allah SWT. semoga ramadahan tahun ini kita semua mendapatkan keberkahan, kenikmatan dan keridhoan Allah SWT, Allahumma amin.

1 comments:

  Youtea

8:24 AM

Assalamualaikum WR WB...
Seiring akan datangnya Ramadhan yang suci dan penuh barokah-Nya saya mohon di buka kan maaf atas segala kesalahan,kekhilafan yang pernah Saya lakukan selama ini,baik disengaja maupun tidak. Yaa Allah berikan kebaikan, Rahmat, dan Barokahnya di bulan Sya'ban dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan mohon maaf lahir bathin.
Selamat menunaikan ibadah puasa rahadhan 1417 H. semoga kita bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan iklas. semoga Allah SWT melapangkan hati kita untuk mendirikan ibadah ramadhan. semoga pula tujuan ketwaqwaan dapat kita gapai bersama. amin...amin... ya robalalamin...