ANDALUS

Selama delapan abad umat islam di Andalus (spanyol) maju di segala bidang, baik budaya, sains, dan ilmu agama. Portugis tidak senang melihat umat islam maju di Andalus, mereka berniat mengusir umat islam ke Maroko. Apa yang mereka lakukan????
Portugis mempelajari apa saja yang disenangi oleh pemuda muslim Andalus. Mereka mengirim mata-mata memasuki Andalus dengan tujuan ini.

Suatu hari mata-mata tersebut melihat dua orang pemuda muslim dalam perdebatan panas. Tentu saja mereka sangat senang melihatnya dan langsung pergi mencari tahu masalah apa yang sedang diperdebatkan. Ternyata dua pemuda muslim tadi berselisih pendapat tentang penyusunan hadist shahih Bukhari. Mereka kembali dan berkata, "Umat ini tidak akan hancur sekarang".

Beberapa tahun kemudian mata-mata ini kembali lagi. Mereka melihat para pemuda yang tengah membahas masalah-masalah sains dan agama. Mereka gagal lagi. Setelah beberapa tahun kemudian mata-mata ini datang lagi ke Andalus dan menemukan seorang pemuda sedang menangis .
Mereka bertanya, "Mengapa kamu menangis?" Pemuda itu menjawab, "kekasihku meninggalkanku." Mata-mata itu langsung melaporkannya, "sekarang kita dapat mengalahkan umat islam".

Benar saja. Umat islam hancur dan diusir dari Andalus dengan sangat mudah. Dua puluh lima tahun kemudian, semuanya hancur tanpa tersisa sedikitpun dan Andalus tidak lagi di sebut.....

0 comments: